PROSA DEFINITION



Aminuddin
Prosa adalah kisahan atau cerita yang diemban oleh palaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita. (aminuddin, 2002:66).
(Cerita yang mempunyai pemeran tertentu, latar cerita yang bertolak belakang dengan imajinasi dan jadilah cerita)

M. Saleh Saad & Anton M. Muliono

Prosa (fiksi, prosa narasi, narasi, ceritera berplot, atau ceritera rekaan disingkat cerkan) adalah bentuk ceritera atau prosa kisahan yang mempunyai pemeran, lakuan, peristiwa, dan alur yang dihasilkan oleh daya imajinasi. (Tjahyono 1988:106) 
(Cerita yang memiliki pemeran, karakter, jalan cerita dan peristiwa dari daya imajinasi)

Sudjiman

Prosa ini dengan istilah cerita rekaan, yaitu kisahan yang mempunyai tokoh, lakuan, dan alur  yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi, dalam ragam prosa. (1984:17)
(Cerita rekaan dalam ragam prosa yang mempunyai kisah dan mempunyai tokoh, watak, alur yang cerita tersebut berasal dari khayalan)


Slamet Mulyana


Prosa berasal dari bahasa latin "oratio provorsa" yang berarti ucapan langsung bahasa percakapan sehingga prosa berarti bahasa bebas, bercerita, dan ucapan langsung.
(Bahasa bebas yang memiliki cerita dan ucapan langsung)


Tifa penyair dan daerahnya, B. Jasin 


Prosa itu pengucapan dan pemikiran bahasa dalam karangan ilmu pengetahuan karena berdasar pikiran dan menjauhi segala yang mungkin menggerakkan perasaan. Prosa yang bersifat sastra haruslah memenuhi syarat kesenyawaan yang harmonis antara bentuk dan isi, kesatuan yang serasi antara pikiran dan perasaan.
(Karangan berdasarkan pikiran yang harmonis antara isi, kesatuan yang cocok dengan pikiran dan perasaan)

Etimologi
Prosa mengungkapkan apa yang dirasakan, diketahui, dan dimaksudkan pengarang yang langsung diucapkan dengan bahasa yang langsung dan bebas, tidak memerlukan bahasa yang rumit seperti pada puisi.
(Penyaluran apa yang dirasakan, diketahui dan yang dimaksudkan oleh pengarang dalam bahasa yang langsung dan bebas)

Umum
Prosa ialah karangan bebas yang mengekspresikan pengalaman batin pengarang mengenai masalah kehidupan dalam bentuk dan isi yang harmonis yang menimbulkan kesan estetik. Bentuk artinya alat yang dipakai pengarang untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya seperti bahasa yang menimbulkan kesan estetik. Bentuk disebut juga teknik sastra. Sedangkan isi adalah segala yang hendak diugkapkan pengarang, berupa pemikiran, ide-ide, cita-cita, dan tafsiran peristiwa-peristiwa.
(Mengekspresikan pikiran dan perasaan mengenai masalah kehidupan kedalam karangan bebas)

KBBI


Pro·sa n Sas karangan bebas (tidak terikat oleh kaidah yg terdapat dalam puisi)
-- berirama karya sastra yg ditulis di ragam prosa, tetapi dicirikan oleh unsur-unsur puisi, seperti irama yg teratur, majas, rima, asonansi, disonansi, dan citra; prosa puitik; prosa lirik; -- lirik prosa berirama; -- puitik prosa berirama
.
(Karangan bebas yang dicirikan oleh unsur-unsur puisi)

Ardi Yudi Pradana 
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang".  
(Memiliki variasi ritme yang lebih besar dari puisi bahasanya lebih sesuai dengan arti leksikalnya)

Wikipedia
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.
 

 
  

 


 

 

Komentar

Postingan Populer