KONTRIBUSI KU TERHADAP INDONESIA



Masyarakat yang berada di Indonesia mempunyai peran terhadap Indonesia, begitu juga dengan mahasiswa. Sebagai pelajar dalam tingkatan paling tinggi dengan pemikiran yang kritis, mendengarkan aspirasi masyarakat, dan berjiwa sosial. Indonesia ialah negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke empat dunia. Bagaimanapun, pada dasarnya tidak semua penduduk memiliki sifat sosial, sifat yang peduli akan sesama.
 Saya adalah salah satu mahasiswa jurusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) dan sudah 18 tahun tinggal dengan orang tua. Dilingkungan tempat tinggal yang masih dapat ditemukan banyak lahan kosong dan belum banyak masyarakatnya. Dengan keadaan tersebut pendidikan dilingkungan tempat tinggal masih belum teraplikasikan dengan baik. Ada satu sekolah yang baru dibangun beberapa bulan yang lalu dengan kondisi sederhana dan jumlah guru yang masih terbatas. Hal yang Saya lakukan ialah ikut serta dalam mingkatkan pendidikan yang ada dilingkungan sekitar, dengan cara memberikan pembelajaran tambahan yang dilakukan dirumah orang tua Saya. Untuk membangun minat balajar pada anak tidaklah mudah. Dengan demikian dibutuhkan kesabaran dalam mendidik terlebih lagi anak yang diajarkan mimilki minat bermain cukup tinggi.
Tidak hanya dalam ruang lingkup pendidikan saja, dalam lingkup sosial penduduk masih tidak memperdulikan lingkungan sekitar. Jalan yang selalu dilalui masih berunsurkan tanah dan batu tanpa aspal. Jikalau musim hujan jalan tersebut akan basah dan sangat licin apabila dilalui. Banyak penduduk yang terpeleset ketika berjalan menggunakan sepeda motor. Dengan demikian penduduk bergotong royong memperbaiki jalan yang sering dilewati dan dimulai dengan menghimbau tetangga sekitar. Hasilnya pada hari minggu penduduk sekitar memperbaiki jalan tersebut, tetapi tidak semua penduduk, masih banyak penduduk yang hanya lewat dan pergi begitu saja. Mungkin kurangnya interaksi antar sesama menimbulkan sikap apatis diantara mereka. Peran Saya ialah memberi masukan apabila ada kegiatan yang ingin dilakukan dapat dikomunikasikan tidak hanya dengan omongan tetapi juga melalui surat.
Terdapat mushola yang berdiri dilingkungan tempat tinggal, terlebih lagi bulan Ramadhan semakin dekat. Tahun lalu pengurus mushola bingung bagaimana cara menyusun jadwal giliran memberikan makanan untuk penduduk yang tadarus dimalam Ramadhan. Peran Saya ialah membantu menyusun jadwal semua penduduk yang akan bergilir memberikan makanan untuk peserta tadarus. Dengan cara meminta data semua penduduk yang akan mendapat giliran.
Kedepannya Saya ingin mengikut sertakan mahasiswa maupun masyarakat dalam kemajuan yang ada di tempat tinggal. Dengan membuat perkumpulan remaja mesjid atau perkumpulan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer